Kumpulan antivirus lokal

Seiring dengan banyaknya pembuat virus lokal, yang disebarkan melalui USB flash disk, Email file attachment, ataupun download program, banyak juga ternyata para pembuat antivirus yang juga buatan gratis lokal. Walaupun begitu, menurut analisa gw sih, sebenarnya sarana yang paling cepat untuk menyebarkan virus adalah USB flash disk. Terlebih lagi bila komputer sasaran tidak mempunyai antivirus yang memiliki update terbaru. Kamu tahu sendiri lah, harga flash disk sekarang udah murah, apalagi utilitasnya yang gampang, tinggal colok, jalan. Udah ngga jaman lagi kayaknya sekarang kalo pake disket, paling banter pake CD, itupun ngga bisa dihapus dan diisi ulang (kayak minuman galon aja) dan rentan tergores yang akibatnya CD tidak bisa terbaca oleh CD ROM.

Banyak para pekerja, mahasiswa, siswa dan pengangguran tenteng-tenteng flash disk ke warnet, ke komputer kantor, komputer sekolah. Harga di bawah cepekpun sudah tersedia. Peluang inilah yang banyak dipakai oleh para pembuat virus untuk menyebarkan virusnya, entah untuk iseng-iseng, pengen terkenal, pengen coba-coba, atau malah lagi sakit hati. Dan ujung-ujungnya.. media penyebaran berikutnya adalah melalui internet baik lewat email maupun download program. Namun jangan salah, dengan maraknya pembuat virus lokal, banyak pula yang mencoba untuk membuat antivirus gratis lokal.Setelah googling di internet, ada kurang lebih 18 antivirus yang beredar.

Berikut gw review sedikit tentang keberadaan antivirus-antivirus karya lokal gratis yang beredar di pasaran.

sumber : http://makhrus.jagakarsa.ac.id

1. PCMAV atau PC Media Antivirus

PCMAV adalah Antivirus yang dikembangkan oleh majalah PCMEDIA, majalah komputer yang beredar di Indonesia. Saat tulisan ini dibuat, PCMAV telah Menurut klaim dari PCMEDIA disebutkan bahwa:

Dikembangkan secara intensif oleh PC Media, majalah komputer terbesar dan terlaris di Indonesia, serta didukung luasnya jaringan distribusi Pinpoint Publications, PCMAV telah dipercaya oleh lebih dari 300.000 komputer pembaca setia dan pecinta Majalah PC Media di nusantara.

PCMAV biasanya dikeluarkan dengan versi terbarunya, setiap majalah PC Media beredar setiap bulannya. Mungkin ini salah satu trik juga untuk membuat laris majalah tersebut. Dan karena hal tersebut diatas, PCMAV laris dipakai oleh para pengguna komputer dan internet. Selain itu, PCMAV juga mendukung untuk diintegrasikan dengan engine lain, yaitu Clamav, sehingga database pengenalan virus semakin banyak. Kelemahan dari PCMAV adalah loading yang memakan waktu cukup lama, karena proses penyecanan yang mungkin terlalu banyak. Sayangnya, memang ada beberapa yang menyangsikan keberadaan PCMAV, karena mereka menganalisa bahwa PCMAV sendirilah yang menyebarkan virus, lalu pura-pura bikin antivirus untuk membasmi virus yang mereka buat sendiri. Dan memang menurut kata-kata orang, PCMAV kadang dianggap virus oleh antivirus lain. Yah.. gw sendiri juga ngga paham betul mana yang benar. Yang jelas, gw juga memakai antivirus ini apabila ada virus lokal yang menyerang komputer client gw. PCMAV juga bisa anda dapatkan di blog gw ini secara gratis.

2. ANSAV

ANSAV adalah salah satu antivirus buatan anak negeri Indonesia yang cukup populer juga. ANSAV sendiri dikembangkan oleh Anvie, dan dibantu oleh beberapa temannya termasuk salah satunya temen lamaku di Jogja, Omponk. Saat tulisan ini dibuat, ANSAV sudah merelease versi 2 Beta. Antivirus ini populer karena adanya fungsi-fungsi tambahan (plugin) ditambah lagi adanya forum yang masih aktif membahas tentang perkembangan antivirus dan virus terbaru di Indonesia. Tak heran jika ada antivirus baru biasanya dikenalkan dulu lewat forum ini. Beberapa kelebihan untuk versi barunya seperti yang diklaim adalah sebagai berikut:

– Ansav interface yang baru, multi tabs untuk tiap tiap fungsi seperti scanning dan pengaturan
– Multi language, bahasa bisa diganti dari Inggris (default) menjadi bahasa Jawa misalnya
– Mekanisme update yang baru, auto-checking untuk new updates (online) dan offline update
– Tampilan dan penanganan plugin untuk Ansav, SDK plugin menyusul
– Interface Control for the New “Ansav Guard”

Untuk database virus, memang belum sebanyak database virus PCMAV, namun kayaknya, akan dimodel seperti PCMAV, yang akan terus-terusan update database, yang bisa dilakukan secara online maupun offline atau manual. Kelebihannya, ANSAV cenderung lebih cepat dalam proses scanning, tidak seperti PCMAV. Kebetulan untuk versi terbaru belum sempet gw coba. Untuk mendownloadnya kamu bisa buka Ansav.com

3. AI – AVINDO

AI – AVINDO atau entah Antivirus Indonesia atau apa, gw juga sedikit kebingungan mencari informasinya. Antivirus buatan Ahlul Media Computama ini ketika berkunjung ke webnya, memang rada susah informasinya karena navigasinya yang terkesan rumit. Namun begitu antivirus ini memang buatan lokal, dan si pembuat pun, saat ini juga sudah mengeluarkan buku tentang “Membuat virus dan antivirus”. Loh.. jangan-jangan.. D

Antivirus ini terkesan memang agak unik, dibandingkan dengan antivirus lainnya, pada saat anda buka file “vKApp.exe” anda tidak akan menjumpai tampilan seperti layaknya anti virus lokal lainya, karena yang akan tampil hanya 2 pilihan aja. dengan tulisan sebagai berikut :

1. Seret virus ke sini “jika anda menemui file virus langsung aja seret”
2. Seret file kesini untuk cek virus “file mana yang ingin discan juga tinggal seret”

Untuk versi yang baru, setelah installasi, Anda dapat mengakses beberapa sajian menu dari antivirus ini antara lain Tools, Antivirus, Cari Virus, Task Manager Alternatif, Update Database, Situs Promo, Situs Rujukan, dan Uninstall. Di bagian Tools masih dibagi lagi menjadi New Dos Prompt, New Registry Editor, Startup Editor, dan Sys Fixer. Pada saat tulisan ini dibuat, Avindo telah mencapai versi AVINDO 1.0.0.141, yang diposting sudah cukup lama, yaitu September 25, 2007. trus untuk update databasenya.. gw sendiri belum menemukannya. Bagi yang tertarik dan pengen mencoba, silahkan download avindo 1.0.0.141 disini.

4. AMP = ANTV-MD5-PATTERN

Antivirus ini ketika mencoba melihat web sumbernya, eh telah disuspend oleh wordpress, lihat di webnya yang lain.. ngga ada ulasannya, jadi untuk mereview gw ambil dari dari berbagai blog, yang mengatakan bahwa Antv-md5-pattern merupakan salah satu antivirus lokal yang sangat ampuh dalam membasmi malware/virus dan antivirus ini merupakan pesaing terberat dari PC Media Antivirus ( PCMAV )1.0 Final Release. Beberapa fitur yang diklaim antara lain adalah:

– No Splash Screen [ merasa kelamaan menunggu splash-screen pcmav gak sih? ]
– Optimasi Source Code Pencarian yang lebih dioptimalkan; [tentu]
– Management Database Internal yang lebih “User-Friedly”; [ pcmav punya? ]
– Minimal dan Maximal Filesize untuk pembatasan pencarian; [pcmav, fitur ini dikemanain? ]
– Pemilihan Extension File yang akan discan; [pcmav, fitur ini dikemanain ]
– Metoda Penghapusan yang menjamin Virus/malware/trojan tidak dapat direstore;
– Fasilitas Karantina – Restore File ketempat semula/asal; [pcmav, sudah 24 bulan belum bisa seperti ini…]
(RED – ‘Ketika anda ragu untuk menghapus File yang terdeteksi sebagi Virus Atau MalWare anda dapat
meng-karantina sementara jika ternyata masih di”perlukan” dapat anda restore kembali ) dsb..

Versi terakhir yang gw temuin adalah AMP versi 5.05h Special Edition.

Untuk review antivirus yang lain.. akan gw lanjut… kalo ada waktu longgar c. u.

5. Andre AV

AndreAV 2.0 RC 03 – Juli 2008

6. AVIGEN

Avigen2008 Build 3.0

7. Compact Byte Antivirus

CAV 0.94 package

8. Eura AntiVirus – NG

Eura AntiVirus – NG v1.4.0 database 1.6.0.9 – 25 Juni 2008

9. Gucup AntiVirus

Gucup AntiVirus 3.2.2

10. KISAV AntiVirus

KISAV AntiVirus 1.2.3

11. KVS – Kawanua Virus Scanner

KVS AntiVirus

12. NAVi = Narpes AntiVirus

NAVi 1.0.0.1: 29 Juni 2008

13. O.A.S-AV

O.A.S-AV 2008 v4.0

14. PCBugar

PC Bugar

15. Peradnya Virus Cleaner

Peradnya Virus Cleaner 2.0

16. ScanLix

ScanLix 1.1

17. SMP – Simple Machine Protect

SMP – Sample Machine Protect

18. SMADAV

SMADAV 3.4

3 Tanggapan

  1. hi
    nice blog thanks for share this blog.

  2. Kalo bisa Kirimi Source code dr masing2 av ya ke jerry.lanang@yahoo.com. the Best this blog.

  3. ada antivirus terbaru nich…..
    knjungi di http://sniantivirus.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: