Ciri-ciri Dan Gejala flu Babi

Meski belum sampai ke Indonesia, namun kita harus mewaspadai virus swine flu atau flu babi yang telah merenggut puluhan nyawa di Meksiko.

Lantas bagaimana gejala penderita yang terkena penyakit flu babi ini? Pada umumnya, gejala infeksi flu babi pada manusia mirip dengan flu biasa pada manusia. Yakni, demam yang muncul tiba-tiba, batuk, nyeri otot, sakit tenggorokan dan kelelahan yang berlebihan.

Namun selain itu, virus flu babi bisa membuat penderita muntah-muntah dan diare. Demikian seperti diberitakan Reuters.

Pemerintah AS telah menyatakan wabah flu babi ini merupakan wabah yang serius. Wabah ini juga diyakini akan terus menyebar. Bahkan badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, flu babi merupakan keadaan darurat kesehatan publik yang menjadi keprihatinan internasional.

Flu babi ini mendatangkan risiko terbesar terjadinya pandemi berskala besar sejak wabah avian flu yang muncul kembali pada tahun 2003 lalu dan menewaskan 257 orang dari 421 penderita di 15 negara.

Tips Menghindari Flu Babi

Flu Babi alias Swine Flu atau H1N1 setidaknya sudah menewaskan 68 orang di Meksiko. Pandemi Flu Babi juga telah menyebarkan ke Amerika Serikat.

Bahkan Badan Kesehatan Dunia WHO sudah menyatakan pandemi Flu Babi sudah berada di level 6 alias pandemi global.

Menurut Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Depkes Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P., MARS kepada wartawan di Makassar, Sabtu (25/4), pemerintah melakukan enam langkah untuk kesiapsiagaan mencegah H1N1.

Enam langkah itu adalah:

1. Mengumpulkan data dan kajian ilmiah tentang penyakit ini dari berbagai sumber, 2. Berkoordinasi dengan WHO untuk memantau perkembangan.

3. Membuat surat edaran kewaspadaan dini

4. Melakukan rapat koordinasi dengan para kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan

5. Berkoordinasi dengan Badan Litbangkes untuk kemungkinan pemeriksaan spesimen, dan (6) berkoordinasi dengan Departemen Pertanian dan Departemen Luar Negeri untuk merumuskan langkah-langkah tindakan penanggulangan.

Tjandra mengatakan, penyakit flu babi adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang, terutama babi, dan ada kemungkinan penularan antar manusia.

Secara umum penyakit ini mirip dengan influenza (Influenza Like Illness-ILI) dengan gejala klinis seperti demam, batuk pilek, lesu, letih, nyeri tenggorokan, napas cepat atau sesak napas, mungkin disertai mual, muntah dan diare.

“Virus H1N1 sebenarnya biasa ditemukan pada manusia dan hewan terutama babi tetapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan virus flu burung H5N1 meskipun sama-sama virus influenza tipe A,” ujar Tjandra.

Menurut Tjandra, cara penularan flu babi melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita. Masa inkubasinya 3-5 hari. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai seperti halnya terhadap flu burung.

“Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas, dan segera memeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu adalah tahap awal menghindari flu babi,” ujar Tjandra.

sumber : kaskusphoto

64 Tanggapan

  1. di sini juga dah ada virun babi yang terkenal, bisa buat orang jadi kaya “babi ngepet” wkwkwkwkkkkkk Just kidding LOL

  2. mas,gmna caranya tuh buat yg ge online ato not online?? dibawah fotonya paling kiri ata itu lho.. kunjungi http://noego08.wordpress.com

  3. Ya…Allah…
    flu apa lagi ini??
    semoga cepat terselesaikan,n manusia terselamatkan

  4. penyakit sekarang kok aneh2 yah

    http://www.spabaliku.wordpress.com

  5. nanti ada lagi penyakit baru..

  6. thanks😀

  7. Katanya gak akan masuk ke Indonesia karena tropis mas🙂

  8. Sudah tahu babi itu haram kok dipelihara dan diimpor-impor?

    Dulu ada cacing pita di Babi, sekarang ada Flu Babi.

    Semua akhirnya jadi was2 takut kena bencana.

    Dekatkan diri kita dengan Allah.
    http://media-islam.or.id

    • jangan lihat babi sebagai binatang yang haram, tapi dampak dari virusnya, kita jangan mau mengislamkan negara kita ini. masih bnayak teman-teman nasarani apalagi kita di NTT, memelihara Babi itu adalah budaya. marilah kita melihat secara lebih obyektif jangan subyektif. saya ini muslim juga.

      • Islam Gelo loe, see at Qur’an And Hadist! It’s clear that DOG and SWINE is HARAM… jangan menghalalkan yang haram bro! Loe mau ngrusak agama sendiri atau justru loe ngaku2 islam padahal loe bukan islam.

      • Kenapa di haramkan oleh islam, pasti ada akibat yg buruk buat manusia n kita baru tau akibatnya di kemudian hari… Makanya jadilah org islam yg baik. ‘Yg haram tetaplah haram’

      • SAYA MENDUKUNG PENDAPAT ANDA …………………………..

      • Kalau hewan ini haram itu haram goblok tuhannya yg ciptain mahluk haram

  9. jangan sampe ketularan deh

  10. Cepat temukan vaksin flu babi

  11. makasih invonya, berguna buat nambanh pengetahuan, meski di daerahku belum terindikasi flu babi

  12. thx atas infonya mas..

  13. numpang copas ya…

  14. Kasus flu Babi pertama kali terjadi pada 1918-1919 bersamaan flu pandemic yang menewaskan hampir 50 juta jiwa.
    Influenza Babi, Bukan Hal Baru : 50 Juta Tewas Pada 1918. Terulang Lagi?
    Trims.

  15. jangan lihat babi sebagai binatang yang haram, tapi dampak dari virusnya, kita jangan mau mengislamkan negara kita ini. masih bnayak teman-teman nasarani apalagi kita di NTT, memelihara Babi itu adalah budaya. marilah kita melihat secara lebih obyektif jangan subyektif. saya ini muslim juga

  16. […] Ciri-ciri Dan Gejala flu Babi var addthis_pub=”duniaengineering”; […]

  17. Semua penyakit pasti ada obatnya, termasuk Flu Babi, Flu burung dan HIV sekalipun

    Kenapa timbul flu Babi?

    • kabarnya tipe virus sprti H1N1,H5N1,dll..
      memiliki kepekaan untuk terus bermutasi dan beradaptasi seiring obat yg dtemukan untuk mencagah terjadinya kontak dgn virus tsb.mengingat virus tsb adalah sesuatu yg hidup dan ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya sama sprti qt manusia..
      yg ditakutkan adalah virus tsb bermutasi thd manusia shg trjdi pnularan dari manusia ke manusia..
      skedar memberi informasi aja^^

  18. halaah, penyakit sekarang tambah aneh aja, ntar apa lagi? flu kuda nil? pilek lumba-lumba?

  19. bahaya………………..
    _____________________________________________________________________________________
    BlackBeryy Obama
    klik disini untuk mengetehui beritanya
    http://muntaz.wordpress.com/2009/05/01/blackberry-obama/#respond

  20. Sekedar mau berbagai info update dari WHO.
    Bahwa mulai kemaren (30 April 2009) WHO mengeluarkan keputusan istilah penyebutan Swine Flu tdk digunakan lg dan serotype virus influenza terbaru tersebut diganti Influenza A (H1N1).
    Krn didasari fakta hal tsb tidak tepat dan banyak menimbulkan pemahaman yang salah kaprah di masyarakat dunia. Flu Babi (H1N1) tdk sama dgn flu burung (H5N1), krn tdk ada evidence based yg berhasil menjelaskan adanya penularan dari babi/dagingnya ke manusia, yg ada hanya dari manusia ke manusia saja. Kemudian ditambahkan juga bahwa sepenuhnya virus influenza tersebut tdk hanya mengandung serotype dr virus influenza pd babi saja, namun diawali interaksi strain virus influenza dari flu manusia dengan flu burung.
    Utk link-nya isa di baca disini (klik) :
    http://www.who. int/csr/disease/ swineflu/ en/
    http://news. yahoo.com/ s/ap/un_who_ swine_flu

    Terimakasih dan semoga bermanfaat.
    Balinese roasted pig still nyummy…… …

  21. Flu babi, babi yang kena flu, manusia repot sendiri.
    Islam itu tidak salah mengharamkan babi. Binatang berkaki empat paling jelek kaya gitu dimakan, mana mengandung cacing pita. Karena jelek babi dipakai untuk media pesugihan yang join operation sama Setan. Makanya yang ada Babi Ngepet, tak ada Kebo Ngepet, Sapi Ngepet, kecuali yang kepepet jadi Babi Ngepet.

    Salam dari tenggara kalimantan, kunjungi saya di http://www.imisuryaputera.co.nr

  22. BAGAIMANA CARA DESAIN BLOGNYA MAS

  23. Virus flu babi memang bahaya, tetapi krisis global di USA dan EROPA itu lebih bahaya…

    Kalau virus flu babi telah mengorbankan beberapa puluh manusia saja, tetapi krisis global itu telah mengorbankan puluhan ribu kepala keluarga yang kehilangan mata pencarian…kita semua tahu apa akibatnya bukan?

    Kebutuhan primer masyarakat tidak dapat terpenuhi dengan baik. Dan hal itu menyebabkan tindak kriminalitas meningkat. Dan terbukti tindak kriminalitas di USA dan EROPA pun kian meningkat.

    Bahkan beberapa analis menyatakan, kasus virus flu babi itu hanya dijadikan lobang untuk melarikan opini masyarakat dunia dari krisis global yang imbasnya kemana-kemana, termasuk ke negara kita. Problem ini juga sebagai bukti bahwa sistem Liberalisme Ekonomi (Kapitalisme) sudah harus segera dimusiumkan….sudah gak layak pakai, alias usang.

    bye bye Kapitalism, go to hell with your boss !!!

  24. wah bahaya juga nie virus….
    moga2 aja enggak terjadi di indonesia…
    amin

  25. AYOOOOOOOOOO DONK KITA SAMA2 MIKIRIN FLU BABI INI……………. WALAU BAGIMANAPUN ………NAMANYA PENYAKIT TUH BAHAYA………………….

  26. Thank’s
    gimana bedainnya yah manusia yg terjangkit ama flu babi n flu burung n flu biasa ???????????
    soalnya gejalanya hampir sama semua sih…………….???/

  27. info yg bagus nih.. tp adakah cara untuk mengobati penyakit ini?

  28. waduuuh,.
    flu babi sama virus trojan bahaya mana y??.

  29. aneh2 aja.. si babi kalo kena flu suruh ke dokter babi donk…. :p

  30. Terbukti kalau Babi itu haram dagingnya dan penyebar penyakit…iya..kan..?

    • HE JANGAN SEKALI KALI BERANGGAPAN BEGITU >>>
      BERARTI KALAU PLU AYAM BERARTI AYAM HARAM JUGA DONK
      AWAS KALAU MAKAN AYAM ……..

      DASAR PEMBERONTAK

  31. kira2 kaspersky sama mcafee dkk bisa delete g ya?

  32. ehm,,……. gimana ya bukannya sudah masuk ke indonesia ?????

  33. tau gak…3hr lalu saya tiba2 demam..tp uda turun..trus sakit tenggorokan ampe sekarang uda 5hr gt..mata panass bgt..bdn jg lemes n lelah…aduhh..jd serem..apa harus ke rs kah??tp apa mungkin..?

  34. Virus flu babi udah menginfeksi 95.512 orang di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 400 orang. Terdapat lebih dari 150 kasus infeksi flu babi di Indonesia.

    Sementara WHO mengatakan bahwa vaksin belum tersedia sampai saat ini meskipun sudah menunjuk 6 perusahaan farmasi top dunia untuk menghasilkan vaksin terbaik.

    Di lain sisi, pemerintah Iran tengah berupaya agar tidak terjadi lebih banyak kasus di negara Islam tersbut, salah satunya dengan pengawasan ketat terhadap ibadah haji.

    Apa kita masih tidak waspada?

  35. Ni mw tny,sya ud skt tengg0r0kan n gk smbh2,tp gk pns cm mriang2 aj,tp jg pilek n gk diare..
    Bs dinamakan trkena flu babi ga??
    Trz klo mw tw,gmn check ny?
    Thx

  36. lo yg haram..bego..emang flu babi cuma dari babi doank???tolol bgt pendapatnya!!!!

  37. Hati2 kawan, indonesia sdh byk yg tertular…

  38. LEBIH BAIK MUSNAHKAN SAJA SELURUH BABI YANG ADA DI DUNIA INI..!
    NGGA APA2 SPESIES NYA HILANG, GA BERGUNA JUGA BUAT KITA!

  39. Ak ge demam panas bgt,takut kena.. .

  40. awal nya gini ,kata orang kafir “knapa ayam yang gak diharamkan malah didapati flu burung?”ujar kafir pada saat blum ada flu babi,) ,trus Allah pun menunjukan kekuasaannya “hai bABI ,FLU LAH KAMU! ” maka flu babi pun ada, karna ke egoisan kafir

  41. gua flu,batuk,n panas =(…inshallah gak knp2

  42. Barangkali artikel berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya > Ciri Ciri ?

  43. untung belum masuk ke indonesia..
    mudah-mudahan ga masuk dan gak akan pernah masuk ke indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: