Pembangkit Listrik BBN Pertama Dibangun di Dumai

Jakarta – Pembangkit listrik tenaga bahan bakar nabati pertama di Asia Pasifik beroperasi di Dumai, Riau. Dari sisi harga, menggunakan BBN untuk pembangkit bisa menghemat hingga 50% dibandingkan menggunakan solar.

Pembangkit BBN berkapasitas 10 MW di Dumai ini menggunakan CPO sebagai bahan bakar biofuelnya. Awalnya pembangkit ini merupakan pembangkit tenaga diesel, lalu diubah menjadi tenaga BBN dengan menambah mesin konverter.

Investasi yang dibutuhkan untuk mengubah pembangkit diesel menjadi pembangkit BBN sekitar Rp 29 miliar untuk kapasitas 10 MW. Dana sebesar itu diperlukan untuk mengadakan konverter dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.
 
Kalau ingin me-switch pembangkit diesel ke biofuel, yang harus diperhatikan adalah tangki BBN-nya,” kata Director Sales & Marketing Neue Maschinenbau Halberstadt GmbH (NMBH) Franz J Komischke di Departemen ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (29/10/2008).

NMBH merupakan perusahaan Jerman yang bergerak di bidang alat-alat kelistrikan dan berpengalaman dalam pembangkit tenaga BBN. 

Untuk proyek ini NMBH menjual konverter yang dibeli pemerintah dan asistensi pengelolaannya. Sementara PLN mengamati pengelolaannya agar bisa diaplikasikan untuk pembangkit lainnya.

NMBH menambahkan, jika pembangkit listrik tenaga bahan bakar nabati sudah mencapai 1000 MW, maka bisa ada penghematan bahan bakar hingga US$ 511 juta per tahun.

Sementara Direktur Jawa Bali PLN Murtaqi Syamsuddin menjelaskan, pihaknya memang sedang mengembangkan penggunaan BBN untuk pembangkit.

Mulai tahun depan, PLN akan mengupayakan penggunaan BBN hingga 5% dari total penggunaan bahan bakar untuk pembangkitnya.
 
“Kita sudah bicara dengan Pertamina, jadi HSD yang kita beli dari mereka sudah mengandung biofuel 5%,” katanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: