Anti Ngebut dengan Kunci Mobil Pintar

Anti Ngebut dengan Kunci Mobil Pintar
Fino Yurio Kristo – detikinet

ilustrasi (ist)

Jakarta – Para orang tua tentu kerap khawatir mengizinkan anak remajanya mengendarai mobil, mengingat kebiasaan mereka yang kerap mengabaikan faktor keselamatan demi sebuah sensasi kenikmatan ngebut di jalanan.

Nampaknya produsen mobil kenamaan Ford mengerti akan kecemasan tersebut dan menangkap esensinya menjadi sebuah ide untuk merancang kunci mobil pintar yang bisa diprogram untuk fitur keselamatan, khususnya mengurangi kecepatan berkendara.

Kunci pintar yang diberi nama ‘MyKey’ ini dibekali chip komputer agar para orang tua dapat menyetel batas kecepatan kendaraan maksimal 80 mph. Tak sebatas itu, kunci pintar ini juga akan membunyikan alarm jika pengemudi belum mengenakan sabuk pengaman.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (8/10/2008), pemakaian kunci tersebut bahkan juga mampu membatasi volume suara musik di mobil. Seperti diketahui, anak muda sering menyetel musik begitu kerasnya sehingga memekakkan telinga.

Kunci pintar tersebut untuk awalnya bakal diproduksi bagi mobil Ford Focus di Amerika Serikat. Di negeri paman Sam ini, ribuan remaja terbunuh tiap tahunnya akibat kecelakaan mobil.

Menurut penelitian Ford, teknologi kunci pintar tersebut didukung oleh 75 persen orang dewasa untuk mengontrol anak-anak mereka saat berkendara. Namun tentu saja, banyak remaja yang kontra dengan teknologi tersebut.

Ford mengakui, sebanyak 67 persen remaja tidak menyukai pembatasan berkendara dengan kunci ‘MyKey’. Barangkali, para remaja merasa kebebasan berkendara mereka bakal direnggut. ( fyk / rou )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: