Penganti Hardisk dengan teknologi solid state drive

Solid State Drive Intel Ingin Gantikan Hardisk
Ardhi Suryadhi – detikinet

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta – Intel Corporation mulai mengirimkan Mainstream SATA Solid-State Drive (SSD) Intel X18-M dan X25-M berbasis teknologi flash dengan multi-level cell (MLC) untuk komputer desktop dan laptop.

Perangkat penyimpanan data ini diklaim bakal memberikan pengguna kecepatan respon sistem, bobot yang ringan, kokoh, kebutuhan konsumsi daya yang rendah serta dapat menggantikan penggunaan hardisk ‘tradisional’.

X18-M adalah sebuah drive 1,8 inchi sedangkan X25-M berukuran 2,5 inchi. Intel menilai SSD punya sejumlah kelebihan ketimbang hardisk ‘tradisional’, diantaranya diklaim dapat bekerja dengan lebih dingin, lebih tenang dan pilihan yang lebih andal.

Selain itu, SSD juga dikatakan dapat menghilangkan bottleneck untuk performa input/output pada hardisk drive, yang membantu memaksimalkan efisiensi prosesor Intel.

Sebagai bukti, dari keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Senin (29/9/2008), hasil pengujian lab menunjukkan Intel X18-M dan X25M meningkatkan performa media penyimpanan pada sistem hingga 9 kali dibandingkan hardisk drive ‘tradisional’.

Intel X18-M dan X25-M Mainstream SATA SSD tersedia dengan kapasitas 80 GB, dan sampling untuk versi kapasitas 160GB akan dimulai pada Q4 tahun ini. Drive 80GB mampu mencapai read speed hingga 250MB per second, write speed 70MB per second dan read latency 85-microsecond.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: