Tidur Nyenyak Modal Utama Mudik Nyaman

Lihat Gambardocument.write(RightMenu);

KapanLagi.com – Tidak lama lagi Lebaran sudah tiba itu juga berarti liburan panjang pun datang. Momen ini, terutama di Indonesia, selalu diikuti dengan suatu rutinitas yang bernama mudik. Yang namanya mudik pasti identik dengan melakukan perjalanan jauh. Nah, karena memakan waktu yang begitu lama maka dibutuhkan pula kondisi badan yang prima. Salah satu modal untuk itu adalah tidur nyenyak di malam sebelum kita paginya mulai melakukan perjalanan jauh tersebut.Dengan tidur nyenyak maka kitapun dapat memulai

Dengan tidur nyenyak maka kitapun dapat memulai perjalan dengan stamina dan konsentrasi yang prima. Namun apa jadinya ketika kita malah tidak bisa tidur padahal hari sudah semakin larut. Terbayang sudah bagaimana besok paginya. Bagi yang mengemudikan kendaraan, pasti rasa capek akan cepat muncul. Bahkan yang lebih parah lagi, saat mengemudi tiba-tiba semua terlihat seperti kasur dan bantal alias mengantuk! Tentu bahaya sekali hal ini. Bagi yang tidak mengemudipun, kondisi tidur tidak nyenyak ini akan membuat kondisi badan mereka mudah drop yang membuat rentan terserang penyakit.

Jadi tidak ada jalan lain selain memang harus tidur yang cukup dan nyenyak di malam sebelum berangkat mudik. Pastikan tidur anda akan nyenyak dengan tips ringan berikut ini:

1. Satu jam sebelum waktu tidur Anda usahakan hanya melakukan kegiatan-kegiatan santai. Menonton berita-berita menegangkan atau membalas email tidak termasuk dalam hal ini! Lebih baik Anda membaca buku secara santai atau mendengarkan musik yang berirama lembut. Untuk rutinitas seksual, beberapa orang mengatakan dengan melakukannya akan membuat mereka terjaga dan susah tidur setelahnya. Jadi perhatikan hal ini, atur agar tidak terlalu dekat dengan waktu tidur Anda.

2. Jika pikiran Anda sudah rileks tapi badan Anda masih terasa tegang, lakukan beberapa pemanasan dan latihan ringan untuk me-rileks-kan otot-otot Anda, khususnya yang ada di bagian atas badan, leher dan bahu. Sebelum Anda tidur, gunakan beban berbobot ringan (3-5 pon untuk wanita, 5-10 pon untuk laki-laki) untuk secara ringan menggerakkan otot-otot ini. Lakukan dalam setiap setnya 8-10 kali gerakan latihan dasar untuk setiap otot bagian atas badan. Kita dapat menyebutnya ini “Pemijatan Otomatis”.

3. Aturlah waktu makan malam Anda, setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur Anda. Otak tidak akan tidur dalam keadaan perut yang penuh. Jika Anda tahu hari Anda akan sibuk, usahakan makan kenyang saat makan siang dan cukup makan ringan sesore mungkin untuk makan malamnya. Jika ternyata Anda tiba-tiba merasa lapar sebelum waktu tidur, coba kue batangan berprotein tinggi (tanpa coklat) untuk camilan Anda sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: