LC Simulator Menggunakan LADSIM Student Editon

Diagram Ladder(tangga) ialah salah satu cara untuk memprogram PLC(Programable Logic Controller). Karena harga seperangkat PLC masih sangat mahal(Apabila acuannya kantong kita-kita), maka untuk mempelajarinya kita dapat mempergunakan sebuah Software yang bernama LADSIM Student Editon untuk mempelajarinya.

Untuk mendapatkan softwarenya, kita bisa mendownload versi demo-nya di alamat http://www.bytronic.net/ , Download file LADDEMO.exe yang besarnya 1,64MB. Mengingat yang kita download adalah versi demonya, maka kita akan mendapatkan berbagai keterbatasan yang dapat mengurangi kinerja dari software tersebut. Keterbatasan tersebut antara lain: program hanya dapat dijalankan selama 20 menit (setelah itu program akan terclose secara otomatis), file dan data selama menggunakan LADSIM Student Editon tidak dapat disimpan(di-save), Ladder diagram tidak dapat diprint.
Untuk menghilangkan keterbatasan itu saya sarankan untuk menggunakan Credit Card kita, setelah itu contact saja Bytronic. Setelah itu kita akan mendapatkan Serial number yang dapat digunakan untuk menghilangkan segala keterbatasan tersebut.

Kalau tidak punya Credit Card (atau nggak mau keluar duit banyak, hanya untuk sebuah program simulator), cara yang paling terlarang ialah pake crack. Untuk mendapatkan cracknya kamu tinggal masuk ke sebuah search enggine (Mis:Google, yahoo, dll), masukkan kata kunci LADSIM V3.0 CRACK, setelah itu pilih saja situs yang paling cocok kemudian download cracknya besar filenya sekitar 11KB.

Bagaimana cara menggunakan cracknya tersebut?????? Gampang banget, kamu tinggal copy cracknya ke folder instalasi LADSIM Student Editon(Mis: C:\Program Files\Bytronic\LADSIM3D), kemudian jalankan cracknya dengan cara double klik pada file crack tersebut, apabila berhasil akan keluar jendela seperti berikut.

Setelah berhasil di-crack maka kita dapat menyimpan dan mencetak diagram ladder yang kita buat.

Memulai menggunakan LADSIM Student Edition.
Untuk menjalankan program, klik Start | Programs | Bytronic | LADSIM3 Demo or Student Edition.
Karena yang kita gunakan adalah versi DEMO or Students Edition akan keluar box informasi yang berisi ketentuan penggunaan versi tersebut, klik saja OK.

Setelah itu kita akan masuk pada jendela utama LADSIM Student Edition, pada jendela utama terdapat dua jendela lagi yaitu jendela Rung Viewer dan jendela Debugger.
Jendela Rung Viewer ialah tempat untuk membuat diagram ladder, setelah program di run maka jendela rung viewer dapat digunakan untuk melihat proses jalannya program

Contoh penggunaan LADSIM Student Edition.
Kita akan membuat diagram ladder untuk logika AND logika yang lain silahkan coba sendiri untuk latihan!!!!!
Langkah-langkah:
1. Klik Normally Open Contact

2. Letakkan pada Rung 0, isi inputs sebagai IP0, kemudian klik OK.

3. Ulangi langkah diatas sehingga gambar pada rung viewer terlihat seperti berikut.

4. Klik Run, untuk menjalankan program.

5. Variasikan IP0 dan IP1, lihat perubahan OP0.


6. Sampai ketemu lagi pada bahasan yang lain.

5 Tanggapan

  1. Mas. Artikel ini di copy paste dari blog saya ! Kenapa tidak menyertakan backlinknya????
    Tolong disertakan mas, tolong hargai tulisan sesama blogger. Jangan asal copy pate donk ya. Saya tunggu respon dari anda.

    (Wah udah 2 postingan saya yang dicpy tanpa menyertakan backlink, ckckckckckck)

    Terima kasih.

  2. ya bos kelupaan di home saya kan sudah saya catumkan saya mengambil isi blog saya dari web lain, jadi kalau ada link yang belum terpasang bisa saya di kasih tau. oke trim

  3. Terima kasih atas responya.

  4. mas saya minta crack ladsim v3.0 nya dong?
    saya cari di google gak ada yang ngasih gratis.
    semua harus jadi member yang berbayar nih.
    tolong ya kalo ada kirim ke email saya
    terima kasih….

  5. untuk mndapatkn crack ladsim v3.0 dmna ya mas…sya mncari2 d google smua na pd byar,,,mnta yg gratisan na ada tidak,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: