APLIKASI MIKROKONTROLER DARI INNOVATIVE ELECTRONICS PART 3

Artikel
File
Deskripsi
Tanggal
Baru
AN61.PDF AN61.ZIP
Wireless IR Communication

Komunikasi nirkabel satu arah antar DT-51 MinSys via gelombang infra merah menggunakan IR Transmitter dan HIR-138LN

25/05/05
AN62.PDF AN62.ZIP
Pengaman Telepon Digital
AN ini menggunakan de KITS Phone Interface yang dikendalikan langsung oleh komputer melalui Parallel Port. Dapat difungsikan untuk pendeteksi kondisi call progress dan memblokir nomor telepon dengan awalan tertentu yang dapat diprogram. Tampilan nomor telepon dapat dilihat pada de KITS SPC Alphanumeric Display yang juga dikendalikan secara langsung oleh komputer melalui COM Port.

04/06/05
AN63.PDF AN63.ZIP
Komunikasi Wireless antar Mikrokontroler
Komunikasi nirkabel melalui gelombang radio antara 2 modul DT-BASIC via 2 modul RF SureLink 900 MHz.

04/06/05

Membaca Nomor Identitas Secara Wireless

AN ini berfungsi untuk membaca nomor ID Card / Tag / Clamshell Card / Wristband dengan ID-10 dan DT-BASIC Micro System / Mini System yang akan ditampilkan di de KITS SPC Serial LCD (SPC Character LCD). Aplikasi ini merupakan bentuk sederhana dari Sistem Absensi Contactless (Tanpa Kontak Fisik) dengan RFID.

14/06/05
AN65.ZIP Konversi Tegangan Analog – Digital
Dengan DT-51 I2C ADDA, DT-BASIC dapat melakukan konversi dari tegangan analog ke data digital dan data digital ke tegangan analog. AN ini dapat digunakan antara lain jika ingin menghubungkan sensor analog ke DT-BASIC.

28/06/05
AN66.PDF AN66.ZIP
Penampil Karakter Maksi dengan Modul Mikrokontroler Mini

de KITS SPC Seven Segment Display menggunakan AT89C51 yang berbeda keluarga dengan DT-BASIC. Namun jika bergabung, keduanya akan menjadi paduan yang unik dimana si “imut” DT-BASIC dapat menampilkan karakter pada seven segment besar (misalnya 4 inci) dengan menggunakan semua antarmuka yang disediakan de KITS SPC Seven Segment Display.

28/06/05
AN67.PDF AN67.ZIP
Komunikasi Mikrokontroler Melalui Jalur Telepon

Kali ini DT-BASIC tidak ingin kalah dengan DT-51 dalam kemampuan berkomunikasi, terutama melalui jalur telepon. Terbukti dengan aplikasi ini, DT-BASIC pun dapat menelepon dengan sistem DTMF atau pulse, membaca sinyal DTMF yang diterima, mendeteksi kondisi gagang telepon, dan mendeteksi call progress dengan bantuan de KITS Phone Interface ver 2.0.

28/06/05
AN68.PDF AN68.ZIP
Mini Weather Station (Humidity & Temperature Display)

Butuh pengukur suhu dan kelembaban yang berukuran kecil? Cobalah AN ini! Dengan DT-BASIC Nano System yang hemat tempat dan sensor suhu dan kelembaban SHT11 yang berukuran kecil. Lebih mudah lagi karena SHT11 dapat langsung digunakan tanpa perlu kalibrasi.
Indikator suhu dan kelembaban pada AN ini dikirimkan ke komputer untuk tampil di monitor. Namun jika diinginkan, sistem ini dapat diubah agar suhu dan kelembaban tampil ke modul seven segment/LCD karakter/LCD grafik.

22/08/05
AN69.PDF AN69.ZIP
1 Wire Temperature Sensor

AN ini “hanya” berfungsi untuk mengukur suhu dengan sensor DS18S20. Namun jumlah pin yang digunakan untuk berkomunikasi dengan DT-51 Low Cost Series juga “hanya” 1 karena sensor ini berantarmuka 1-Wire.
Indikator suhu pada AN ini dikirimkan ke komputer untuk tampil di monitor. Namun jika diinginkan, sistem ini dapat diubah agar suhu tampil ke modul seven segment/LCD karakter/LCD grafik.
Untuk pertama kalinya, AN ini akan menggunakan bahasa C (mC/51) untuk DT-51 Low Cost Series.
mC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.
1-Wire is a registered trademark of Dallas Semiconductor.


22/08/05
AN70.PDF AN70.ZIP
Pengendali Standard Servo Motor

Penggunaan Standard Servo Motor gampang-gampang susah. Gampang karena posisi putaran motor dapat ditentukan. Susah karena pemberian pulsa harus tepat agar tidak merusak motor.
Motor Servo Standard hanya memperbolehkan putaran antara 0 hingga 180 derajat. Meski begitu, karena memiliki gearbox dan (umumnya) memiliki torsi yang relatif cukup besar, motor ini dapat dipakai sebagai penggerak dalam sistem robotik.
Untuk pertama kalinya, AN ini akan menggunakan modul DT-AVR Low Cost Series dengan bahasa C (CodeVisionAVR C Compiler).
CodeVisionAVR C Compiler is copyright by Pavel Haiduc, HP InfoTech s.r.l.

22/08/05
AN71.PDF AN71.ZIP
Wireless Bluetooth Communication

Setelah ponsel dan komputer, mikrokontroler pun tidak mau ketinggalan dalam penggunaan Bluetooth. Modul bluetooth yang digunakan adalah eb500 dari Parallax.
AN ini membutuhkan 2 komputer dimana komputer 1 akan terhubung ke DT-AVR Low Cost Series dan eb500. Sedangkan komputer 2 akan terhubung ke USB Bluetooth Dongle. Aplikasi ini akan mentransmisikan karakter yang diketikkan dari komputer 1 ke komputer 2 maupun sebaliknya.

Untuk pertama kalinya, AN ini akan menggunakan bahasa BASIC (BASCOM-AVR) untuk DT-AVR Low Cost Series.
The Bluetooth word mark and logos are owned by the Bluetooth SIG, Inc.
BASCOM-AVR is copyright by MCS Electr
onics.

22/08/05
AN72.PDF AN72.ZIP SPC Seven Segment Display dengan Bahasa C untuk MCS-51
Sama seperti AN69, AN ini juga menggunakan bahasa C (mC/51) untuk DT-51 Low Cost Series. Kali ini bahasa C digunakan untuk menjembatani DT-51 Low Cost Series dengan SPC Seven Segment Display dengan menggunakan semua antarmuka yang tersedia (UART, SPI, Paralel 4-bit).
Jika dikembangkan dengan menggunakan seven segment berukuran besar pada SPC Seven Segment Display, AN ini dapat digabungkan dengan AN69 untuk membentuk display besar penampil suhu yang dapat diletakkan di perkantoran (indoor) atau taman kota (outdoor).
mC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.

20/09/05
AN73.PDF AN73.ZIP Pengukur Jarak dengan Gelombang Ultrasonik
AN ini menggunakan modul PING)))™ sebagai pemancar dan penerima gelombang ultrasonik untuk mengukur jarak benda dari modul tersebut. Dengan antarmuka digital yang hanya 1 pin, AN dapat menggunakan DT-51 Low Cost Micro System atau bahkan DT-51 Low Cost Nano System. Hasil pengukuran dan perhitungan akan ditampilkan ke LCD dan juga dikirimkan secara UART sehingga bisa di tampilkan juga di monitor komputer.
04/10/05
AN74.PDF AN74.ZIP Econo Digital Thermometer
Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mengukur suhu. Embel-embel Econo (ekonomis) merupakan nama yang diberikan untuk sensor DS1822 yang dipakai di AN ini. Sensor ini memiliki resolusi 12 bit dan dapat digunakan untuk mengukur suhu -55 C hingga 125 C. Karena antarmukanya digital dan hanya membutuhkan 1 pin, maka koneksi ke DT-AVR Low Cost Series menjadi sangat mudah. Suhu akan ditampilkan di LCD.
04/10/05
AN75.PDF AN75.ZIP Pendeteksi Gerak dengan Infra Merah
Aplikasi ini memanfaatkan sensor IR-EYE™ Model 442 dengan -3 fresnel lens untuk mendeteksi gerakan manusia. Karena sensor ini merupakan sensor analog, oleh karena itu AN ini menggunakan DT-AVR Low Cost Micro System yang memiliki ADC internal. Hasil pembacaan sensor akan ditampilkan pada LCD.
Sensor ini dapat mendeteksi arah gerakan ke kiri atau ke kanan (jika kedua elemen di dalamnya diposisikan bersebelahan) atau arah gerakan lain dengan mengubah orientasi sensor. Jika dikembangkan lebih lanjut, sensor ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah orang yang masuk atau keluar dari sebuah lorong sempit.
04/10/05
AN76.PDF AN76.ZIP
Pengendali Standard Servo Motor II

Seperti pada AN70, aplikasi kali ini juga akan menggunakan Parallax Standard Servo. Tetapi kali ini Parallax Standard Servo akan dikontrol oleh DT-51 Low Cost Series sesuai dengan masukan dari komputer. Bahasa yang digunakan juga bahasa C tetapi dengan compiler mC/51© untuk mikrokontroler keluarga MCS-51®. Standard Servo Motor buatan Parallax ini memiliki sudut rotasi maksimum 180 derajat, meskipun demikian Parallax Standard Servo ini mempunyai torsi yang besar sehingga dapat digunakan sebagai penggerak robot, dll.

mC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.
MCS-51 is a registered trademark of Intel Corp.

11/11/05
AN77.PDF AN77.ZIP Low Cost ADDA II
Sama seperti AN56, aplikasi kali ini juga akan menggunakan modul DT-51 I2C ADDA yang dikontrol oleh DT-51 Low Cost Series. Tetapi kali ini bahasa pemrograman yang digunakan adalah C dengan compiler mC/51©. Pada aplikasi ini, komunikasi I2C® dilakukan dengan emulasi software yaitu menggunakan prosedur bawaan dari mC/51©.
mC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.
I2C is a Registered Trademark of Philips Semiconductors
11/11/05
AN78.PDF AN78.ZIP Komunikasi Mikrokontroler Melalui Jalur Telepon II
Kali ini DT-51 Low Cost Micro System juga akan menggunakan telepon untuk komunikasi. Dengan bantuan modul DT-I/O Phone Interface Ver 2.0, DT-51 Low Cost Micro System dapat dengan mudah berkomunikasi melalui jalur telepon. Ditambah lagi menggunakan bahasa pemrograman C dengan compiler mC/51© sehingga aplikasi ini tampak sederhana. Meskipun sederhana, aplikasi ini dapat dikembangkan menjadi suatu sistem home automation / remote control.
mC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.
25/11/05
AN79.PDF AN79.ZIP Input Multi Tombol untuk AVR menggunakan SPC Keymatic
Pada AN ini DT-AVR Low Cost Series akan menerima input tombol dari keyboard PS/2 maupun keypad matrix 4×4 dan meneruskan data tombol yang ditekan ke komputer. Tentunya dengan bantuan SPC Keymatic dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah BASIC dengan compiler BASCOM-AVR©.
PS/2 is a trademark of International Business Machines Corporation
BASCOM-AVR is copyright by MCS Electronics
25/11/05
AN80.PDF AN80.ZIP Sistem Pengendali Motor Stepper Bipolar
Motor stepper seringkali kita gunakan dalam aplikasi robotika karena dapat dengan mudah dikendalikan besar sudut putar maupun arahnya tanpa perlu menggunakan umpan balik posisi. Pada AN ini DT-AVR Low Cost Series akan mengendalikan Motor Stepper Bipolar dalam mode half maupun full dengan dibantu oleh SPC Stepper Motor. Dan bahasa yang digunakan adalah BASIC dengan compiler BASCOM-AVR©. Aplikasi ini dapat menjadi contoh penggunaan SPC Stepper Motor secara serial I2C maupun paralel.
I2C is a Registered Trademark of Philips Semiconductors
BASCOM-AVR is copyright by MCS Electronics
25/11/05
AN81.PDF AN81.ZIP Sistem Pengendali Motor DC
Motor DC relatif murah tetapi sayangnya dalam mengendalikan motor DC ini relatif rumit. Kali ini DT-AVR Low Cost Series akan mengendalikan DC Motor /w Speed Encoder Module dibantu oleh SPC DC Motor dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah BASIC dengan compiler BASCOM-AVR©, sehingga aplikasi ini terlihat sangat sederhana dan mudah. DT-AVR Low Cost Series juga akan membaca kecepatan motor DC dan mengirimkan datanya ke komputer dan ditampilkan dengan bantuan HyperTeminal© atau Terminal©. Aplikasi ini juga akan memberi contoh penggunaan SPC DC Motor secara serial I2C maupun paralel.
BASCOM-AVR is copyright by MCS Electronics
I2C is a Registered Trademark of Philips Semiconductors
HyperTerminal is a copyright by Hilgraeve Inc.
Terminal is a copyright by Bray++
25/11/05
AN82.PDF AN82.ZIP Serial LCD Display
Tampilan sudah merupakan hal pokok pada hampir setiap aplikasi, tak terkecuali aplikasi-aplikasi yang menggunakan DT-AVR Low Cost Series. Artikel kali ini membahas modul tampilan SPC Serial LCD, yang akan menghemat port mikrokontroler karena modul ini menggunakan antarmuka serial. Dan untuk mempercepat pemrograman mikrokontrolernya digunakan bahasa BASIC dengan compiler BASCOM-AVR©. Artikel ini akan membahas semua kemampuan SPC Serial LCD dalam komunikasi I2C, UART TTL, UART RS-232, maupun synchronous serial.
BASCOM-AVR is a copyright by MCS Electronics.
I2C is a registered trademark of Philips Semiconductors.

28/12/05
AN83.PDF AN83.ZIP Serial Alphanumeric Display
Penggunaan alphanumeric display relatif rumit, tetapi dengan bantuan SPC Alphanumeric Display akan membuat hal ini jauh lebih sederhana dan menghemat port mikrokontroler. Serta DT-AVR Low Cost Series dan bahasa pemrograman BASIC dengan compiler BASCOM-AVR© akan membuat aplikasi berikut ini menjadi sangat mudah. Dalam aplikasi ini, masukan dari keyboard komputer akan ditampilkan ke SPC Alphanumeric Display melalui DT-AVR Low Cost Nano System. Dan komunikasi antara kedua modul ini dapat dilakukan secara I2C maupun synchronous serial.
BASCOM-AVR is a copyright by MCS Electronics.
I2C is a registered trademark of Philips Semiconductors.
28/12/05
AN84.PDF AN84.ZIP Kompas Digital
Navigasi sangatlah penting bagi manusia maupun robot, agar pada saat bergerak dapat menuju ke arah yang tepat. Artikel kali ini akan membahas salah satu alat navigasi yaitu kompas digital. Komponen utamanya menggunakan CMPS03 yaitu modul kompas digital yang memiliki resolusi hingga 0,1 derajat dan 2 pilihan antarmuka yaitu I2C atau PWM. Data dari CMPS03 akan dibaca oleh DT-51 Low Cost Series menggunakan metode I2C maupun PWM dan hasil pembacaannya ditampilkan ke sebuah LCD karakter. Menggunakan bahasa pemrograman BASIC dengan compiler BASCOM-8051 sehingga aplikasi ini tampak begitu mudah.
Aplikasi ini dapat menjadi sebuah kompas digital portable untuk keperluan navigasi, serta dapat juga dikembangkan untuk keperluan robotika.
BASCOM-8051 is copyright by MCS Electronics.
I2C is a registered trademark of Philips Semiconductors.
DT-51 is a trademark of Innovative Electronics.
30/12/05
AN85.PDF AN85.ZIP Low Cost Weather Station
Dalam aplikasi kali ini DT-51™ Low Cost Series akan berfungsi sebagai weather station sederhana yang akan mengukur suhu atau kelembaban relatif, lalu data pengukuran dikirimkan ke komputer untuk ditampilkan pada layar monitor dengan bantuan program Terminal©. Untuk itu DT-51™ Low Cost Series akan dibantu oleh Sensirion SHT11 Sensor Module yang merupakan modul sensor untuk mengukur suhu dan kelembaban relatif yang memiliki output digital dan telah terkalibrasi. Dalam aplikasi ini digunakan bahasa pemrograman C dengan compiler uC/51© sehingga akan membuatnya tampak begitu mudah.

µC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.
Terminal is copyright by Bray++.
DT-51 is a trademark of Innovative Electronics.
06/01/06
AN86.PDF AN86.ZIP Animasi Alphanumeric
Dalam aplikasi kali ini DT-51™ Low Cost Series akan berfungsi sebagai weather station sederhana yang akan mengukur suhu atau kelembaban relatif, lalu data pengukuran dikirimkan ke komputer untuk ditampilkan pada layar monitor dengan bantuan program Terminal©. Untuk itu DT-51™ Low Cost Series akan dibantu oleh Sensirion SHT11 Sensor Module yang merupakan modul sensor untuk mengukur suhu dan kelembaban relatif yang memiliki output digital dan telah terkalibrasi. Dalam aplikasi ini digunakan bahasa pemrograman C dengan compiler uC/51© sehingga akan membuatnya tampak begitu mudah.

µC/51 is copyright by Wickenhäuser Elektrotechnik.
I2C is a registered trademark of Philips Semiconductors.
DT-51 is a trademark of Innovative Electronics.
28/01/06
AN87.PDF AN87.ZIP BASIC Alphanumeric Animation
Dalam aplikasi kali ini DT-51™ Low Cost Series akan berfungsi sebagai weather station sederhana yang akan mengukur suhu atau kelembaban relatif, lalu data pengukuran dikirimkan ke komputer untuk ditampilkan pada layar monitor dengan bantuan program Terminal©. Untuk itu DT-51™ Low Cost Series akan dibantu oleh Sensirion SHT11 Sensor Module yang merupakan modul sensor untuk mengukur suhu dan kelembaban relatif yang memiliki output digital dan telah terkalibrasi. Dalam aplikasi ini digunakan bahasa pemrograman C dengan compiler uC/51© sehingga akan membuatnya tampak begitu mudah.

BASIC Stamp Editor is copyright by Parallax Inc.
30/01/06
AN88.PDF AN88.ZIP C Routine 4 Serial RTC & EEPROM
Dalam aplikasi kali ini DT-51™ Low Cost Series akan berfungsi sebagai weather station sederhana yang akan mengukur suhu atau kelembaban relatif, lalu data pengukuran dikirimkan ke komputer untuk ditampilkan pada layar monitor dengan bantuan program Terminal©. Untuk itu DT-51™ Low Cost Series akan dibantu oleh Sensirion SHT11 Sensor Module yang merupakan modul sensor untuk mengukur suhu dan kelembaban relatif yang memiliki output digital dan telah terkalibrasi. Dalam aplikasi ini digunakan bahasa pemrograman C dengan compiler uC/51© sehingga akan membuatnya tampak begitu mudah.

CodeVisionAVR is copyright by Pavel Haiduc, HP InfoTech s.r.l.
02/02/06
AN89.PDF AN89.ZIP Konversi Tegangan Analog – Digital II
Pada AN kali ini DT-AVR Low Cost Series akan mengendalikan DT-51 I2C ADDA v2.0 secara serial I2C untuk mengkonversi tegangan analog – digital. Agar aplikasi ini menjadi lebih mudah dan cepat, maka digunakan bahasa pemrograman C yaitu dengan CodeVisionAVR© C cross-compiler. Aplikasi ini dapat dikembangkan untuk pemrosesan sinyal digital, menerima output dari sensor analog, atau aplikasi digital lainnya yang berhubungan dengan dunia analog.
CodeVisionAVR is copyright by Pavel Haiduc, HP InfoTech s.r.l.
I2C is a registered trademark of Philips Semiconductors

22/02/06
AN90.PDF AN90.ZIP BASIC LCD Interface
Dewasa ini LCD telah menjadi “kebutuhan pokok” pada hampir semua aplikasi. AN kali ini akan membahas penggunaan LCD karakter pada modul DT-BASIC Mini System / Micro System / Nano System dan tentunya menggunakan modul SPC Serial LCD agar menghemat pin I/O DT-BASIC. Artikel ini akan membahas aplikasi untuk komunikasi secara serial I2C, synchronous, maupun UART yang didukung oleh modul SPC Serial LCD. Umumnya pemrograman untuk aplikasi komunikasi serial relatif menyulitkan, tetapi menjadi sangat mudah jika menggunakan bahasa PBASIC™ yang mirip dengan bahasa BASIC standar.

PBASIC is a trademark of Parallax, Inc.
I2C is a registered trademark of Philips Corporation.

23/02/06
AN91.PDF AN91.ZIP DT-51 Low Cost Berbicara !
Dalam aplikasi ini DT-51 Low Cost Micro System akan “berbicara” dengan dibantu oleh SpeakJet yang merupakan IC Natural Speech & Complex Sound Synthesizer (menggunakan teknik Mathematical Sound Architecture), sehingga aplikasi ini menjadi lebih sederhana dan fleksibel. Ditambah lagi menggunakan bahasa pemrograman BASIC dengan cross-compiler BASCOM-8051© sehingga pemrograman untuk aplikasi ini menjadi lebih cepat dan mudah.
BASCOM-8051 is copyright by MCS Electronics.

25/02/06
AN92.PDF AN92.ZIP GPS Navigator
Aplikasi kali ini akan membuat sebuah GPS navigator yang dapat menampilkan posisi terhadap garis lintang dan garis bujur serta menampilkan waktu untuk zona Indonesia bagian barat (GMT+7). Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, yaitu menerima NMEA output command dari modul GPS TF11MCX dan menampilkan data yang diperlukan ke LCD karakter 24×2 dengan bantuan SPC Serial LCD. DT-51 Low Cost Micro System digunakan sebagai pengolah data, sedangkan pemrogramannya menggunakan bahasa BASIC (BASCOM-8051©) sehingga aplikasi ini tampaknya cukup mudah.
BASCOM-8051 is copyright by MCS Electronics.
20/04/06
AN93.PDF AN93.ZIP Ultrasonic Ranger
Artikel ini akan membahas penggunaan sepasang ultrasonic transducer untuk aplikasi pengukur jarak. Aplikasi ini menggunakan DT-51™ Low Cost Micro System dan bahasa pemrograman BASIC (BASCOM-8051©) agar menjadi lebih mudah. Sebagai modul tampilan dipilih SPC Serial LCD agar lebih menghemat port I/O, dan port I/O yang tersisa dapat digunakan untuk keperluan pengembangan lebih lanjut.
BASCOM-8051 is copyright by MCS Electronics.
DT-51 is a trademark of Innovative Electronics.

02/05/06

AN94.PDF AN94.ZIP GPS Navigator II
Sama seperti AN92, aplikasi kali ini juga akan membuat sebuah GPS navigator tetapi yang ini berbasis AVR yaitu mengunakan DT-AVR Low Cost Micro System. Pemrogramannya menggunakan compiler BASCOM-AVR© sehingga hanya perlu sedikit modifikasi dari program AN92. Aplikasi ini menunjukkan betapa mudahnya berimigrasi dari pemrograman BASCOM-8051© ke BASCOM-AVR©.
BASCOM-8051 & BASCOM-AVR is copyright by MCS Electronics.
25/04/06
AN95.PDF AN95.ZIP Wireless Chating with PC
Dalam artikel kali ini kami akan membahas suatu aplikasi berkaitan dengan chatting, namun aplikasi ini masih sangatlah sederhana yaitu hanya mencakup 2 komputer saja yang dihubungkan secara wireless dengan bantuan modul RF TRW-2.4G. DT-AVR Low Cost Series digunakan untuk mengendalikan TRW-2.4G, mikrokontroler ini diprogram dengan compiler BASCOM-AVR©. Dalam aplikasi ini disediakan pula program untuk komputer yang dikembangkan menggunakan Borland Delphi©.
BASCOM-8051 is copyright by MCS Electronics.
Borland Delphi is copyright by Inprise Corporation.
24/04/06
AN96.PDF AN96.ZIP Classic Caller ID
Dalam artikel ini kita akan bernostalgia dengan bahasa pemrograman assembly MCS-51® dengan compiler ASM51©. Bahasa assembly ini digunakan untuk membuat program DT-51™ Low Cost Micro System dalam aplikasi pembacaan nomor telepon pemanggil. Sebagai modul tampilan digunakan LCD karakter 8×2 dan tentunya rutin-rutinnya juga dibuat dalam bahasa assembly. Aplikasi ini hanya dapat bekerja pada line telepon rumah yang telah dilengkapi dengan fasilitas CND atau Telkom CLIP.
ASM51 is copyright by MetaLink Corporation.
MCS-51 is a registered trademark of Intel Corp.
DT-51 is a trademark of Innovative Electronics.
16/05/06
AN97.PDF AN97.ZIP BASIC Chatting
Artikel ini akan membahas aplikasi yang hampir sama dengan AN95, tetapi kali ini menggunakan DT-BASIC Series untuk mengendalikan TRW-2.4G. Pemrograman mikrokontrolernya menggunakan PBASIC™ yang sangat mirip dengan bahasa BASIC standar. Artikel ini menunjukkan betapa mudahnya imigrasi program dari BASCOM-AVR© ke PBASIC™.
BASCOM-AVR is copyright by MCS Electronics.
PBASIC is a trademark of Parallax, Inc.
24/04/06
AN98.PDF AN98.ZIP Low Cost Graphic LCD
Artikel kali ini akan membahas cara menampilkan gambar dan tulisan pada DT-I/O Graphic LCD GM24644 dengan menggunakan rutin-rutin built-in dalam compiler BASCOM-8051©. Artikel ini menunjukkan betapa mudahnya memprogram LCD grafik berbasis kontroler T6963C, khususnya DT-I/O Graphic LCD GM24644, menggunakan compiler BASCOM-8051©.
BASCOM-8051 is copyright by MCS Electronics.
24/04/06
AN99.PDF AN99.ZIP PC Controlled Relay
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengaturan relay menggunakan komputer dengan bantuan PC-Link Serial PPI. Program dalam aplikasi ini dikembangkan menggunakan Borland Delphi 5© dan komponen tambahan ComPort Library versi 2.64 untuk komunikasi serial. Aplikasi ini dapat dikembangkan menjadi sistem pengendali peralatan elektronik dalam sebuah gedung atau rumah secara terpusat.
Borland Delphi 5 is copyright by Inprise Corporation
ComPort Library version 2.64 is created by Dejan Crnila

8/5/06

AN100.PDF AN100.ZIP Low Cost Graphic LCD II
Seperti AN98, artikel berikut ini juga akan membahas LCD grafik GM24644 tetapi kali ini menggunakan mikrokontroler AVR yaitu dengan DT-AVR Low Cost Micro System. Aplikasi ini masih menggunakan bahasa pemrograman BASIC yaitu dengan compiler BASCOM-AVR© sehingga hanya perlu sedikit penyesuaian dari program AN98. Artikel ini akan menunjukkan betapa mudahnya melakukan imigrasi program dari BASCOM-8051© ke BASCOM-AVR©.
BASCOM-8051 & BASCOM-AVR are copyright by MCS Electronics.

21 Tanggapan

  1. MAs Darry Q mo minta tolong, ni aq bru ngerjain TA mo buat alat penampil gelombang/frekuensi dari inputan sensor seperti penampil gelombang milik ECG gtu tp frekuensinya dpt dihitung dengan matlab. mohon bantuannya ya Mas Darry.

  2. Maap…
    tahu ga gimana listing programnya buat rangkaian heater donk. Pokoknya prinsipnya…
    Heater tuh akan nyala ketika air sudah masuk ke heater itu. trus heater ini di hubungkan ma termometer digital and rangkaian pengaduk. Dimana rangkaian pengaduk ini kerjanya bareng ma heater. Trus, ketika termometer nunjukin angka 100 derajat, maka heater mati, mixer juga mati… Ada ide???
    Puenting banget ne…
    rangkaian plannya juga ya… Tengkyu…

    pake Bahasa C ya…
    Mikrokontrollernya pake ATMEGA 8535

  3. tolong krimin via e-mail: Awi_sadaf@yahoo.com …..Sistem Pengendali Motor Stepper Bipolar “AN80.ZIP” waktu kami download g’ mau….mohon bantuannya….
    trimks…..

  4. mas saya pemulan untuk AVR boleh ga minta tolong untuk di buatkan pembogrman bahas c untuk avr 8535 pendeteksi suhu dan tekanan suhu menggunakan lm 35 dan tekanan menggunakan mpxm2202 thank`s untuk perhatiannya
    atep.kurnia83@yahoo.com

  5. mas saya ilham, sekarang aku lagi bikin alat pengukur suhu jark jauh berbasis mikrokontroler.. yang saya tanyakan bisa ga sih sensornya pake sensor inframerah?? kalo bisa minta rangkaian sensornya…. makasih…

  6. saya mau tanya tentang DT sense SHT11, di flowchart tercantum formula humidity adalah dengan perkalian temperature. kalau gitu, temp dan humidity berbanding lurus. kenapa harus pake SHT11, ng sensor temp aja. tolong informasinya

  7. mas saya tyo,mau minta bantuan nie..saya lagi buat TA tentang pemantau suhu ruangan dengan teknologi wireless zigbee,.ditugas akhir ini saya memakai LM35 sebagai sensor suhu yang berbasis mikrokontroler AT8535,bahasa pemrogaman untuk mikronya adalah BASCOM-AVR. saya ada problem dengan flowchartnya n programnya. mohon bantuan dari mas segera cz masa tenggatnya cuma 8 hari ini.

  8. saya prasetyo, mau tanya cara zigbee wireless bekerja, bagaimana cara menghubungkan device (LM35+AT8535)ke zigbee (menggunakan komunikasi serial) lalu ke zigbee lg (secara wireless), masuk ke PC dgn USB dan dpt ditampilkan hasil device dgn menggunakn vibi.6..bisakah saya minta gmbr rangkaiannya.. mohon bantuannya

  9. mas mohon bantuan…..bagaimana listing program assembly untuk menggerakkan motor servo continius pake radio kontrol mainan ,berbasis at89s51.

  10. gimana ya cara membuat tulisan berjalan dengan dot matrik menggunakan mk AT89s51 ? mohon bantuannya, terimakasih

  11. maaf, saya mau minta tolong, apakah ada judul atau topik tugas akhir yang kompeten atau pas untuk saya yang kuliah di fakultas teknik..? tolong bantuannya.

  12. mas, nanya donk cara komunikasi AVR dengan Vijeo Citect gmana sih…..balas

  13. Sbelumnya slam knaL.
    Mas, saya mw nanya neh. aq bwt alat pndeteksi kereta api rus pake sensor getar tp aq cari2 sensornya g ktmu2 ira2 bs bntuin g mas? atw ada ide laen mgkin?
    Trus aq jg pake sensor jarak tp yg ada d pasaran jraknya maksimal hnya skitar 300cm pdhl aq btuhnya +/- 800cm.

    bs bntuin g mas, pLiss…

  14. Salam kenal,

    mohon info mikrokontroller menggunakan gps dan suhu bgmn komunikasi,dan juga diagram bloknya…dan jenis mikrokontroller apa yang cocok ATMEL or AVR…trims

  15. mas tolong ya di bahas untuk adc menggunakan sakelar suara yaitu sound activation untuk menjalankan motor DC menggunakan SPC…….jadi maksud saya bila ada inputan suara motor langsung jalan trimakasih sebelumnya….mohon balasannya………………

  16. mas, saya bingung dengan dt-avr low cost micro system. saat saya membeli paket itu saya tidak menerima drivernya. bisa nggak saya dapat drivernya. makasih mas.

  17. Mas..
    maav nih aq maw tanya..untuk judul2 yg diatas mas punya skematiknya ga?
    aq minta dunk mas..
    untuk TA qu mas..
    mohon bantuanya yha mas..

    klo ada tolong di email ke email qu yha mas di nduth_adji@yahoo.com

  18. Mas, aku mau buat penampil ECG lewat wireless. Wireless yang aku gunakan TRW2,4 G. Program yang aku gunakan CodeVision AVR dan pake mikrokontroler ATMega 8535. Saya belum mengerti mas cara menghubungkan Mikrokontroler dengan TRW2,4 G dan programnya pake CodeVision AVR. Mohon bantuannya mas. Kalau ada tolong kirimi aku skema rangkaian dan programnya mas. Terima Kasih. Emailku: Fikru_rudan@yahoo.com

  19. selamat siang. mas sya membuat sebuah intrumen bell sekolah yang dikendalikan dengan PC (menggunakan VB), dimana bell tersebut berbunyi 3 x dlam 1 hari, ada bbrapa mslah yg sya hadapi saat ini:
    1. ketika sya simulasikan bbrapa mingngu, senin s.d jumat, bell trsebut dpt berfungsi sesuai dengan wktu setting. ttpi bell tersbut tidak berbunyi ktika hri senin brikutnya (jum’at sore bell tersebut terakhir berbunyi, sabtu & mnggu tidak berbunyi krna waktu libur). mslah tersbut dpt sya atasi dengan memberi code listing RESET pada VB, jdi sblum software trsbut mengekskusi mikro, maka softwarenya akan mereset 3 mnit sblum ekskusi.
    2. ketika program pada PC meRESET, COMnya sering putus (terkadang bell tersebut berbunyi sesuai dengan settingan kita,tkdang jga jga muncul perintah “5 ACCESS TO THE PORT COM 11 IS DENIED”). padahal sebelumnya telah disetting pada COM 11.
    Mohon bantuannya mas.

  20. […] PDF File Name: Aplikasi mikrokontroler dari innovative electronics part 3 Source: darry.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: